Beranda > About Me, Blogging > Makan Menurut Nabi Muhammad

Makan Menurut Nabi Muhammad

Assalamu’alaikum para bloggerwalk, sekarang postingnya rada agamis, soalnya saya kemarin punya fikiran tentang ini agar para sobat blogger tau. Cekidot –>

Tau kan sabda nabi yang berbunyi makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Sebenarnya punya arti tersendiri dibalik itu.

Makan sebelum lapar itu lebih baik daripada makan waktu lapar. Bukan tanpa maksud, Rasulullah merupakan seorang pengembara/petualang, jadi ketika lapar bisa-bisa Ia terjatuh pingsan dan sakit. Selain itu ketika di perut kosong bisa kurang darah. Juga rasa tidak lapar akan terjag lama, dan menghemat makanan. Ketika kita lapar dan makan, maka makanan yang kita makan akan banyak. Ngitung-itung pengembara juga menghemat biaya kan ? Maka dari itu sang nabi bersabda begitu.

Berhenti sebelum kenyang juga seperti halnya makan sebelum lapar. Ketika anda kenyang apa yang anda rasakan ? Susah jalan ? Mengantuk ? Yah begitulah. Pengmbara seperti Nabi perlu makanan tapi tidak seperti itu, yang bisa menjadi pemborosan. Tubuh bila kekenyangan jadi ngantuk lalu tidur, kalori jadi terbuang kan. Subhanallah. Dan juga ketika solat jika kita terlalu kenyang maka terasa tidak nyaman. Ketika kita berjalan dengan perut kenyang ? Pasti lambung kita masalah ( sengkil a.k.a sunduken ). Sehingga ketika kita makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang juga merupakan penghematan akan bahan makanan, serta menjaga kesehatan, karena membuat tubuh seimbang bekerja.

Begitulah makanya jangan anggap remeh sabdanya, hadisnya. Karena beliau seorang pemikir yang hebat dan penyayang. Apapun yang keluar dari mulutnya itu selalu baik dan benar. Itu juga menunjukkan bahwa Allah SWT tidak salah menunjuknya sebagai pemimpin umat. Allahu Akbar !!

Iklan
  1. 13 Maret 2012 pukul 14:29

    sepertinya pola makan ane masih jauh nich dari kebiaasan nabi.

  2. 8 Agustus 2012 pukul 03:11

    Sekedar Nambah…Nabi selalu mendahulan makan yang disukai /enak dan bergizi daripada yang tidak beliau sukai dan kurang bergizi…Asal gambarnya nggak kayak yang difitur mu aja mas Bro…

    • 12 Agustus 2012 pukul 16:30

      soalnya makanan yang menjijikkan/tidak enak/terpaksa makan padahal ada makanan lain itu haram

  3. ian
    25 Januari 2013 pukul 18:08

    salah gan, justru hadist yang benar itu, “Makanlah KETIKA LAPAR dan berhentilah sebelum kenyang”
    coba deh gan, di googling byk tu penelitian yg bilg makan itu lbh baik di saat lapar saja, soalnya makan sebelum lapar bakal membuat penyerapan kurang sempurna dan menimbulkan rasa lapar lg bbrp saat kmudian… sehingga menyebabkan kegemukan.
    lagian makan di saat lapar rasanya lebih nikmat gan…
    Klo nggak salah yg ini jg hadist nabi nih: “kalau ingin merasakan masakan yg lezat, maka makanlah saat benar2 lapar, dan jika ingin merasakan minuman yg paling nikmaaat, minumlah di saat benar2 haus”
    makanya waktu makan yg paling nikmat itu ya d waktu berbuka gan…
    (maaf klo ad slh2 kata) 🙂

    • 28 Mei 2013 pukul 11:53

      wahhh makasih gan udah nambain, ini aku denger dari ceramah-ceramah gitu, makasih bila ada koreksinya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: